0
Comments
Aplikasi Earth Hour Ajak Selamatkan Bumi

Jakarta - Memperingati Earth Hour di tahun ini yang jatuh pada 26 Maret 2011, mungkin akan lebih mengasyikkan. Kampanye tahunan World Wide Fund for Nature (WWF) ini, sekarang ada aplikasi ponselnya. 

Sayangnya, aplikasi bernama 60+ ini baru tersedia untuk iPhone. Adapun tujuan WWF menciptakan aplikasi ini adalah menuntun penggunanya melakukan hal-hal kecil namun berdampak besar bagi lingkungan.

"Aplikasi ini lebih jauh mengajak setiap orang melakukan sesuatu yang bisa menyelamatkan bumi setiap hari, tak hanya mematikan lampu selama satu jam pada saat Earth Hour," kata juru bicara Leo Burnett Group yang membantu WWF mengembangkan 60+.

Dikutip detikINET dari Mashable, Sabtu (26/3/2011), cara kerja 60+ mirip seperti layanan berbasis geolokasi yang di dalamnya terdapat daftar hal yang harus dilakukan pengguna (to-do dan check-in).

Disini, pengguna akan terdeteksi melakukan tindakan positif berdasarkan daftar kegiatan yang diperintahkan dalam aplikasi. Misalnya  menggunakan pencahayaan alami, mengubah pengaturan pendingin ruangan, atau memasang shower yang hemat air.

Nah, apabila pengguna sudah melakukan banyak tindakan positif, mereka akan mendapatkan penghargaan, yang nantinya bisa di-share ke jejaring sosial.

Kegiatan para pengguna 60+ selanjutnya didata oleh WWF untuk melihat dampaknya secara global. Lebih menarik lagi, aplikasi ini rencananya akan segera memiliki Game Center support sehingga para pengguna bisa saling berkompetisi melakukan beragam aktivitas penyelamatan bumi. Menarik bukan?