0
Comments
Kiat dan Langkah Merintis Usaha Spa


Peluang Usaha Spa . Di Indonesia peminat layanan spa kebanyakan dikalangan masyarakat kelas menengah keatas. Karena tidak semua orang menyisihkan anggaran untuk mendapatkan treatment peningkatan kebugaran tubuh sekaligus kejiwaan . Bagaimana Cara Memulai Bisnis Spa ? Bagi seorang pemula yang perlu diperhatikan adalah pengetahuan seluk beluk spa , baik tehnik maupun peta bisnisnya . Jika anda benar – benar pemula dan belum mengerti maka  yang disarankan adalah menjalin kerjasama dengan “pemain spa ” yang sudah exist dengan sebagai mitra bisnis atau sebagai konsultan yang setiap saat anda bisa minta pendapat mengenai kendala bisnis spa .
Pemasaran Bisnis Spa
Dalam bisnis Spa ada 5 faktor pemasaran yang umum yaitu : Product , rate harga , sumber daya manusia , promosi dan lokasi .
1. Produk , Produk spa dari waktu kewaktu terus mengalamai perluasan mulai dari jasa pijat , aromaterapi , meditasi , yoga sampi fitness. Tips untuk product Spa adalah pebisnis harus berkreasi dalam mengemas jasa layanan yang unik dan bermutu. Tentunya dengan menggunakan bahan – bahan yang terjamin mutunya dan sumber daya yang semakin terlatih . Paling tidak untuk tahap awal ada satu product layanan Spa andalan di home spa anda .
2. Rate Harga, Kita harus mengingat bahwa Spa adalah konsumsi kalangan menengah ke atas . Oleh sebab itu tidak perlu mengacu pada murahnya harga . Semua penggemar Spa lebih mendambakan mutu layanan bukan murahnya harga.
3. Sumber Daya Manusia , Mutu layanan dalam usaha Spa sangat tergantung dari sumber daya manusia ( karyawan ) yang memberi layanan . Jangan menurunkan karyawan yang masih belum mahir dalam spa . Kerjasama dan membangun relasi dengan “pemain spa” yang sudah exist sangat membantu dalam mencari karyawan yang sudah mampu memberi layanan spa .
4. Promosi , Promosi yang baik adalah selalu berbicara pada konsumen yang bersifat menghibur, selalu pula menawarkan hal – hal/ product2 baru . Promosi produk – produk yang segar dan heboh perlu dilakukan , serta pengalaman – pengalaman eksotik yang sulit terlupakan oleh pelanggan anda .Bagi yang menjalankan bisnis mobile spa untuk layanan home spa , maka strategi jemput bola sangat bagus , jangan segan – segan mendatangi tempat2 sasaran pasar anda  dan lakukan promosi disana.
5. Lokasi , Tentunya lokasi yang baik dalah yang mudah dijangkau . Jika anda membidik para eksekutif maka sebaiknya gerai lokasi berada ditengah perkotaan , pusat bisnis , serta di perumakan elit . Jika anda membidik para wisatawan lokal atau mancanegara maka lokasi yang bagus adalh di dekat area pariwisata tersebut seperti daerah Bali , jogya . Jika yang di bidik adalah mobile Spa untuk layanan Home Spa bernuansa private atau family maka lokasi gerai bisa dimana saja tapi tetap mudah dijangkau dan layak , yang penting adalah kualitas SDM anda .