0
Comments
Usaha Bisnis Tepung Singkong


Peluang Usaha Bisnis Tepung Singkong Gaplek.  Saat ini tepung gaplek termasuk barang yang ( most wanted ) paling di cari nomor dua setelah tepung gandum . Sekitar 60% pasar belum bisa di penuhi oleh produsen tepung gaplek . Usaha tepung gaplek ini tergolong relatif mudah karena bahan bakunya mudah , tidak ribet dalam pengolahan  dan proses produksinya . Tepung gaplek masih mempunyai pangsa pasar yang bagus . Yang di perlukan dalam bisnis ini adalah lahan untuk pengeringan dan gudang , mesing pengiling gaplek dan bahan packaging.
Untuk Produksinya di bagi menjadai 2 Jenis :
1.  Tepung Kualitas A , Yaitu : Tepung yang berkualitas standart paling baik , biasanya digunakan untuk keperluan industri food ( makanan manusia . Tepung Kualitas A , diambil dari singkong sehat dengan ciri2 singlong benar2 bersih , segar , warna dalamnya putih cerah.  Tepung kualitas A harga dipasaran berkisar Rp 2100 – 2500 / Kg .
2. Tepung Kualitas B , Yaitu : Tepung yang berkualitas rendah , yang biasa di gunakan untuk campuran pakan ternak . Tepung Kualitas B di ambil dari sisa – sisa produksi tepung kualitas A . Jadi warna singkong kurang cerah , dan baunya kurang segar . Tepung kualitas B di psarkan dengan harga Rp 1400 – 1600 / Kg .
Bahan Baku
Untuk pengadaan bahan baku biasanya daerah pemasoknya ,Jawa Tengah adalah Gemolong , Sragen . Untuk Wilayah alternatif yaitu Mantingan , Ngawi dan Wonogiri . Tepung didapat dari para pengepul dan pemasaran juga bisa dilewatkan para pengepul gaplek juga .  Berapa harga bahan baku tepung gaplek ini ? Harga gaplek biasanya sudah di gabung dengan biaya transportasi . Per kilonya Rp 450  – 700 . Keuntungan bersihnya setelah produksi 20% . Jadi jika perhari ada 1 ton dengan harga jual rendah Rp 2100/kg , maka pendapatan perhari Rp 420.000 .  Wilayah pemasaran yang berskala besar adalah : Surabaya , Malang , Tegal dan Semarang .
Kendala Dalam Bisnis Tepung Gaplek
Kendalanya adalah pada waktu musim penghujan . Karena idelanya singkong kering harus di jemur dalam sinar matahari selama 3 hari . Jadi kalo di musim penghujan bisa molor hingga satu minggu . Sarannya : Pembelian gaplek dari pengepul harus yang sudah kering dan sudah di kupas . Sehingga sebelum di giling tinggal jemur sebentar . Ciri singkong kering / gaplek yang bagus adalah warna daging dalamnya putih bersih dan jika dipatahkan akan berbunyi kress , renyah .
Untuk Proses pembuatan Gaplek bisa dilhat di link berikut
sumber::::http://idepeluangusaha.com/peluang-usaha-bisnis-tepung-singkong-gaplek/